Muhammadiyah Kirim Team SAR ke Banjarnegara

PicsArt_1418455882159

Banjarnegara - Musibah tanah longsor yang menimbun Dukuh Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara mengundang kepedulian berbagai pihak. Salah satunya, Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Klaten dan Solo Raya.

Sabtu (13/12) sekitar pukul 08.00, LPB Muhammadiyah Klaten mengirimkan 13 personil terlatih ke Banjarnegara. Mereka membawa peralatan untuk melakukan evakuasi dan  karet. Mereka akan bergabung dengan relawan dari daerah lain untuk memberikan pertolongan.

”Pagi ini, 13 relawan LPB Klaten sudah diberangkatkan ke Banjarnegara. Mereka sudah dilengkapi perlengkapan untuk evakuasi dan perahu karet, karena saya dengar jam 04.00 tadi pagi ada banjir. Semoga bisa membantu saudara-saudara di sana,” kata Koordinator LPB Muhammadiyah se-Solo Raya, Eko Hari Mursanto, Sabtu (13/12).

Pemberangkatan itu merupakan tahap pertama. Pemberangkatan tahap kedua akan dilakukan pukul 13.30, yakni tim relawan LPB se-Solo Raya. Saat ini, sedang dilakukan pendataan relawan dari Sukoharjo, Solo, Boyolali, Sragen, Karanganyar dan Wonogiri yang akan diterjunkan ke Banjarnegara.

”Untuk tahap kedua, LPB akan memberangkatkan tim medis dan tim khusus untuk mendirikan dapur umum di Banjarnegara. Sebagian personil akan membantu evakuasi korban, karena kami dengar saat ini masih banyak korban yang belum ditemukan,” ujar Eko Hari Mursanto.

Pengiriman akan dilakukan secepatnya agar bisa maksimal dalam keikutsertaannya membantu proses evakuasi. Personil yang dikirim sudah terlatih, agar tidak mengalami kesulitan saat melakukan prosedur evakuasi.

Relawan juga sudah dilatih agar bisa melakukan penyelamatan dengan memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai terjadi kecelakaan saat evakuasi.(sm/sp)

 

Related Posts

TVMu Miliki Direktur Baru
Kenapa Dzikir dan Pikir Itu Penting, Ini Penjelasannya!
Tokoh-Tokoh Penting Jadi Pemateri Pengkajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Cirebon
Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah : Kolaborasikan Pemikiran Pancasila sebagai Darul ‘Ahdi Wa Syahadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>