Din : Kerusakan Lingkungan Adalah Tanggungjawab Manusia

Din Syamsuddin

Jakarta- Kerusakan lingkungan termasuk hutan adalah tanggungjawab manusia berdasarkan yang tertulis dalam kitab suci Al Qur’an, dengan demikian maka manusialah yang harus bahu membahu untuk menyelamatkan apa yang telah anugerahkan Allah pada umatnya.

Demikian disampaikan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam sambutannya pada Diskusi Tata Kelola Hutan dan Lahan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya No.62, Jakarta Pusat, Kamis (22/1). Din menambahkan, kerusakan diatas bumi bukan saja akibat peperangan tetapi ketiadaan kedamaian atas manusia dengan alam. “Saya berharap Muhammadiyah melalui Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan Majelis Lingkungan Hidup dapat memberikan rekomendasi melalui sebuah buku yang berisi rekonstruksi bagi bangsa Indonesia dalam isu lingkungan,” jelasnya.

Menurut ketua MPM PP Muhammadiyah Said Tuhulely, saat ini MPM dan MLH sedang melakukan penelitian kecil di tiga tempat di Indonesia, yakni Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Selatan. “Dari pengamatan yang ada dilapangan, lahan masyarakat sudah banyak tergusur oleh korporasi besar, yang pada akhirnya menempatkan masyarakat sekitar hanya sebagai buruh dan tak lagi memiliki lahan,” terangnya.

Sementara itu dalam presentasinya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kehutanan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Tachrir Fathoni  menjelaskan, saat ini laju deforestasi yang ada di Indonesia telah nyarisi menyentuh satu juta hektar setiap tahunnya, dengan sisa hutan yang ada tinggal sekitar 120 juta hektar. Hal tersebut menurut Tachrir jelas sangat memprihatinkan, dan dibutuhkan usaha-usaha keras melalui teknologi dan juga kesadaran agar Hutan masih terjaga lestari.

Dalam Diskusi Tata Kelola Hutan oleh MPM dan MLH PP Muhammadiyah juga diserahkan hadiah pada pemenang lomba foto program Inisiatif Muhammadiyah dalam Penguatan Advokasi Kebijakan Tata Kelola Lingkungan Hutan di Indonesia (IMPAK). Juara Foto Lomba Foto dengan tema kerusakan hutan tersebut, diraih oleh Wawan Wahjudianto yang berdomisili di Malang Jawa Timur. (mac/muh)

________________________________________________________________________________________________________

Related Posts

TVMu Miliki Direktur Baru
Kenapa Dzikir dan Pikir Itu Penting, Ini Penjelasannya!
Tokoh-Tokoh Penting Jadi Pemateri Pengkajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Cirebon
Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah : Kolaborasikan Pemikiran Pancasila sebagai Darul ‘Ahdi Wa Syahadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>