‘Aisyiyah Selenggarakan Jalan Sehat TB Day 2015

TB Day Aisyiyah

Jakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Dra.Hj. Siti Noordjannah Djohantini,MM., M.Si  hadir dalam kegiatan Jalan Sehat dari Taman Menteng Jakarta Pusat menuju bundaran Hotel Indonesia pada Ahad, 12 April 2015. Peringatan hari TB Day 2015 yang dipusatkan di Taman Menteng Jakarta Pusat sebagai rangkaian kegiatan Syiar Muktamar ‘Aisyiyah yang akan diselenggarakan di Makassar pada bulan Agustus 2015 mendatang.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Prof. dr. Nilla Djuwita F. Moeloek, Sp.M(K) dan dihadiri sekitar 1.000 orang kader dan Simpatisan ‘Aisyiyah serta mitra kerja ‘Aisyiyah, dalam peringatan TB Day 2015 dilaksanakan kegiatan kampanye Gerakan Ketuk Pintu untuk mendukung Indonesia bebas dari Tuberculosis.

Ketua Umum PP ‘Aisyiyah dalam sambutannya menyebutkan bahwa “Untuk menyelesaikan ini semua, tak ada upaya lain kecuali masyarakat ikut bersama-sama bergerak dalam penanggulangan TB.  Karenanya agar masyarakat juga menjadi lebih berdaya perlu dilakukan kemitraan baik dengan sesama organisasi masyarakat maupun dengan pemerintah,”

“Untuk menanggulangi penularan dan kematian akibat TB, kita tidak dapat berdiam diri. Perlu usaha yang nyata menjangkau mereka yang terkena TB agar segera mendapatkan pelayanan kesehatan, dan mengedukasi lingkungan sekitar pasien agar mata rantai penularan dapat di putus ,” kata Siti Noordjanah lagi.

Dalam kegiatan pencananangan ini juga dilaksanakan pameran, pemeriksaan kesehatan gratis, kegiatan mewarnai untuk anak, senam sehat, serta happening art.

Dilingkungan ‘Aisyiyah Gerakan Ketuk Pintu akan dilaksanakan di 12 propinsi dan 45 kabupaten kota dan lebih dari 119 lokasi.  Daerah yang akan terlibat didalam kegiatan ini adalah Sumatera Utara (2 kabupaten/ kota), Sumatera Selatan (2 Kabupaten/ kota), Lampung (6 kabupaten/kota), Banten (1 kota), DKI (5 kota administrastif), Jabar (4 kabupaten/ kota), Jateng (6 Kabupaten/ kota),  Jawa Timur (7 Kabupaten / Kota), Sulsel (6 kabupaten/ kota), Sultra (4 Kab/ kota), Papua (2 kab/ kota), papua Barat (2 Kab/ kota).

Keterlibatan ‘Aisyiyah dalam penanggulangan TB tentunya tak dapat dipisahkan dari kontribusi ‘Aisyiyah dalam bidang kesehatan. Penanganan penyakit TB, tentunya dilakukan oleh ‘Aisyiyah melalui klinik-klinik dan rumah sakit yang didirikan dan dibangun oleh organisasi perempuan Muhammadiyah ini. (muhammadiyah.or.id)

 

__________________________________________________________________________________

Related Posts

Haedar Nashir Ketua Umum, Abdul Mu’ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah 2015-2020
Memajukan Ekonomi, Semangat ‘Aisyiyah Abad Kedua
Langkah Persyarikatan Menuju Gerakan Pencerahan
Wapres RI Meresmikan Gedung Tempat Sidang Muktamar ke-47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>