Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah : Kolaborasikan Pemikiran Pancasila sebagai Darul ‘Ahdi Wa Syahadah

IMG_903429

 

Yogyakarta, Muhammadiyah sebagai komponen strategis umat dan bangsa berkomitmen untuk membangun Negara Pancasila dengan cara menggali, mengintegrasikan, mentransformasikan nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai luhur keindonesiaan dalam kerangka Islam yang berkemajuan. Islam yang kemajuan yang menggelorakan misi antiperang, antiterorisme, antikekerasan, antipenindasan, antiketerbelakangan, dan anti terhadap segala bentuk pengrusakan di muka bumi.

Konteks terkait dengan hal di atas akan dibahas dalam Pengajian Ramadhan 1437 PP Muhammadiyah, yang akan mengelaborasi lebih dalam dan lebih luas pemikiran tentang Negara Pancasila sebagai darul ‘ahdi wa syahadah dalam perspektif teologis dan ideologis. Pemikiran tentang Negara Pancasila dimaksudkan untuk menjadi rujukan dan orientasi pemikiran serta tindakan bagi seluruh anggota Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara kontekstual berdasarkan pandangan Islam berkemajuan yang selama ini menjadi perspektif keislaman Muhammadiyah.

Pengajian yang akan mengangkat tema “Negara Pancasila sebagai Darul ‘Ahdi Wasy Syahadah: Perspektif Teologis dan Ideologis” tersebut berlangsung pada tanggal 9 hingga 11 Juni 2016 bertempat di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dengan menghadirkan berbagai narasumber, diantaranya :

Materi 1: Nilai-nilai Pancasila dalam Pandangan Islam

Narasumber :  Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA., Prof. Dr. Syamsul Anwar, MA., Drs. Achmad Charis Zubair, SU

Materi 2: Negara Pancasila sebagai Perwujudan Darus Salam

Narasumber:  Prof. Dr. M. Din Syamsuddin, MA. Dr. Yudi Latif

Materi 3: Transformasi Nilai Ketuhanan dalam Kehidupan Bernegara

Narasumber: Prof. Dr. M. Amin Abdullah, Prof. Dr. Alyasa’ Abubakar, Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU.

Materi 4: Transformasi Nilai Kemanusiaan dan Persatuan dalam Kehidupan Bernegara

Narasumber: Prof. Dr. Taufik Abdullah, Radhar Panca Dahana

Materi 5: Transformasi Nilai Kerakyatan dan Keadilan Sosial dalam Bernegara

Narasumber:  Dr. M. Busyro Muqoddas, SH., M.Hum., Prof. Dr. Bambang Setiaji, Prof.Dr.Syamsudin Haris

Adapun tujuan dari terselenggaranya pengajian PP Muhammadiyah tersebut yaitu, pertama, diperolehnya pemahaman dan acuan yang komprehensif tentang transformasi nilai-nilai Pancasila untuk menjadi rujukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasar pandangan Islam yang berkemajuan.

Kedua, meningkatnya silaturahim dan visi pemikiran para pimpinan Persyarikatan dalam menjalankan amanah Muktamar ke-47 dan menyikapi masalah-masalah yang dihadapi Muhammadiyah. Ketiga, berkembangnya wawasan warga Muhammadiyah sebagai komponen strategis bangsa dalam menghadapi tantangan yang kompleks di tengah dinamika umat, bangsa dan perkembangan global. (muhammadiyah.or.id)

 

 

_____________________________________________________

Related Posts

Kenapa Dzikir dan Pikir Itu Penting, Ini Penjelasannya!
Tokoh-Tokoh Penting Jadi Pemateri Pengkajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Cirebon
Haedar Nashir Ketua Umum, Abdul Mu’ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah 2015-2020
Memajukan Ekonomi, Semangat ‘Aisyiyah Abad Kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>