LPPM Uhamka Tanam Mangrove di Mauk Kabupaten Tangerang

LPPM Uhamka Tanam Mangrove di Mauk Kabupaten Tangerang
Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengadakan kegiatan Tanam Mangrove di Urban Aquaculture, Mauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (8/6). Foto: Uhamka.

TVMU.TV - Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Tanam Mangrove di Urban Aquaculture, Mauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (8/6).

Turut hadir Desvian Bandasyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Sumardi selaku Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Edi Sukardi selaku Ketua Ikatan Keluarga Alumni Uhamka, Adiat Nuryasin selaku Manager Kawasan Urban Aquaculture dan Alumni Uhamka sebagai peserta tanam mangrove.

Wakil Rektor Uhamka II, Desvian Bandarsyah dalam arahanya menyampaikan kegiatan ini bisa memberikan kontribusi bagi perawatan air tanah di sekitar Ibu Kota, karena efeknya akan memengaruhi kehidupan manusia.

"Tindakan ini, merupakan tindakan yang akan menjadi virus positif yang nantinya dapat diikuti oleh banyak stakeholders di Uhamka," kata Desvian seperti dikutip dari uhamka.ac.id, Senin (10/6).

Desvian menambahkan, Uhamka sebagai Institusi Perguruan Tinggi memiliki tugas untuk memberikan pendidikan dan pencerah kepada masyarakat. Sebab melalui penanaman mangrove ini akan memiliki manfaat untuk masyarakat dengan kualitas kehidupan yang lebih baik.

"Dengan menanam mangrove kita sudah berkontribusi bagi udara yang lebih baik, air tanah yang berkualitas dan kehidupan lingkungan bersama yang lebih baik untuk masa depan," lanjut Desvian.

Lalu, Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka mengatakan kegiatan penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Dalam kegiatan ini hampir sebanyak 300 jenis bibit mangrove yang telah ditanam.

"LPPM Uhamka memiliki banyak kegiatan selain konservasi lingkungan pada hari ini, kami juga memiliki kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam bidang pengembangan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kreatif," ungkap Gufron.

Sementara itu, Edi Sukardi selaku Ketua Ikatan Keluarga Alumni Uhamka mengatakan peran alumni melalui menanam mangrove adalah sebagai langkah Uhamka dalam ikut menjaga kelestarian alam.

"Merupakan sebuah tanggung jawab bagi kita sebagai manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah melalui menanam mangrove ini sebagai ikhtiar Uhamka melalui peran para alumninya untuk ikut dalam menjaga lingkungan," jelasnya.

VIDEO: FFS Uhamka Exhibitor Indonesia Cosmetic Ingredients 2024