MPKSDI PP ‘Aisyiyah Gelar Silaturahmi Kader, Begini Pesan Salmah Orbayinah

MPKSDI PP ‘Aisyiyah Gelar Silaturahmi Kader, Begini Pesan Salmah Orbayinah
Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah. Foto: PP Muhammadiyah.

TVMU.TV - Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah menggelar silaturahmi kader ‘Aisyiyah se-Indonesia dan Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) dari beberapa negara secara hybrid, Selasa (17/10).

Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah sebagai narasumber. Adapun fokus pembahasan dalam kegiatan ini yaitu, berkomitmen pada jati diri persyarikatan dan organisasi guna menjadi gerakan Islam.

Dalam paparannya, Salmah Orbayinah mengatakan pembinaan dan pembekalan ideologi kader ‘Aisyiyah menjadi syarat mutlak agar menjadi penolong di tengah masyarakat.

“Disini pentingnya penguatan dan pembinaan sumber daya insani untuk mewujudkan kader-kader terbaik – khairu ummah, serta meningkatnya peran keumatan serta kebangsaan kader ‘Aisyiyah di tengah-tengah persoalan masyarakat yang semakin kompleks," terangnya.

Seiring perkembangan era saat ini, Salma Orbayinah mengaskan kader perlu menaruh perhatian serius terkait hal ini. Menurutnya, perlu adanya metode pengelolaan kader yang berbeda dari sebelumnya, mengingat perkembangan teknologi dan globalisasi yang tidak dapat dibendung lagi dan tentu juga harus diikuti.

Sebagaimana hasil Rakernas MPKSDI PP ‘Aisyiyah yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, Salmah menekankan tentang pentingnya melaksanakan program terkait dengan kaderisasi yang harus dilakukan secara masif di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Selain itu, tema Muktamar ke-48 beberapa waktu yang lalu, “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”, lanjut Salmah Orbayinah, juga menjadi pondasi dari Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dengan mempersiapkan kader-kader berkualitas kedepannya dan memberikan pengaruh yang relevan kepada masyarakat dunia.

Terkait dengan peran global Muhammadiyah, Salmah menilai, hal ini tidak berlebihan, sebab menurutnya Islam memang diperuntukkan bukan hanya bagi bangsa Indonesia, dan umat Islam saja, tetapi bagi seluruh alam – rahmatan lil alamin.

VIDEO: Workshop Ketahanan Keluarga PWA DKI Jakarta