Jalin Kerja Sama dengan Kemhan dan LLDIKTI, UMS Gelar Diklat Bela Negara

Jalin Kerja Sama dengan Kemhan dan LLDIKTI, UMS Gelar Diklat Bela Negara
Pembukaan dan penyematan Diklat Kader Bela Negara yang diselenggarakan UMS bekerja sama dengan Kemenhan dan LLDIKTI Wilayah VI di Dodiklatpur Rindam IV/ Diponegoro, Klaten, Senin (19/6/2023). Foto: UMS.

TVMU.TV - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menggelar kegiatan Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa pada 19-23 Juni.

Upacara pembukaan dan penyematan kegiatan dilaksanakan di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk Kodam IV Diponegoro (Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro), Klaten pada Senin (19/6/2023).

Kabag Diklat Kemhan, Mayor Jenderal (Mayjen) Tandyo Budi Revita menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Kader Bela Negara merupakan cara bagi mahasiswa untuk menghadapi ancaman nonmiliter seperti disideologis yang memicup disintegrasi. Dia berharap, Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa ini akan berjalan lancar.

"Berbagai kemungkinan harus mampu diantisipasi untuk melindungi segenap bangsa, negara, dan seluruh tumpah darah," kata Tandyo Budi.

"Saya percaya bahwa dalam waktu singkat, para peserta akan memanfaatkan kesempatan berguna ini sebagai media sharing untuk menghasilkan opini, argumentasi, dan karya akademik yang adaptif, inovatif, dan berkualitas," ucapnya.

Para mahasiswa dari perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah VI, yang bertotal 200 ini dipercaya menjadi media sharing pengetahuan dan pengalaman bela negara.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMS Ihwan Susila berharap mahasiswa benar-benar bisa mengambil manfaat yang besar, terutama di dalam pengembangan karakter bela negara, serta kedepannya peserta memiliki sebuah tekad, komitken, untuk bisa menjadi bagian dari bela negara tersebut.

Adapun salah satu peserta Rifqi Zain mengungkapkan alasan mengikuti kegiatan tersebut. Dia mengaku senang dan ingin lebih memahami tentang bela negara.

"Karena ingin belajar bagaimana cara untuk membela negara, kemudian kita sebagai anak muda harus bisa menjadi anak yang berprestasi dan berguna bagi bangsa dan negara," ungkapnya.

VIDEO: UMS Bagi 5 Kategori Beasiswa Camaba Berprestasi