Muhammadiyah dan Kemenko PMK Gelar Pelatihan Pencegahan Intoleransi dan Keadaban Digital bagi Tenaga Pendidik

Muhammadiyah dan Kemenko PMK Gelar Pelatihan Pencegahan Intoleransi dan Keadaban Digital bagi Tenaga Pendidik
Pelatihan pencegahan intoleransi dan keadaban digital bagi tenaga pendidik di lingkungan sekolah Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah dan Kemenko PMK di Serang, Banten pada 21-22 Juli 2023. Foto: Istimewa.

TVMU.TV - Dalam rangka penguatan Gerakan Nasional Revolusi Mental, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar pelatihan pencegahan intoleransi dan keadaban digital bagi tenaga pendidik di lingkungan sekolah Muhammadiyah.

Pelatihan yang dilaksanakan di Serang, Banten pada 21-22 Juli 2023 ini diselenggarakan untuk membangun sikap toleransi dan pemahaman akan keragaman yang menjadi pondasi penting dalam membangun peserta didik yang memiliki profil Pancasila

Kegiatan tersebut dikuti 40 tenaga pendidik dari berbagai sekolah Muhammadiyah di wilayah Banten. Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik sehingga mampu menjadi pelopor Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Panji Prasetyo selaku narasumber dari Kemendikbud menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan atau merawat toleransi di sekolah.

"Revolusi mental di antaranya adalah merawat toleransi. Kita melatih guru-guru ini supaya mereka menularkan keadaban ini pada murid-muridnya". jelasnya.

Untuk diketahui, Revolusi Mental merupakan gerakan yang semula dicanangkan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1957.

Bung Karno membuat gerakan tersebut dalam upaya mempercepat perubahan yang terjadi di Indonesia agar lekas mencapai cita-cita bangsa sesuai yg diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Pada Era pemerintahan Presiden Jokowi, Revolusi Mental menjadi sebuah Gerak­an Nasional dengan diterbitkannya Inpres No.12 Tahun 2016 dan Kemenko PMK-lah yang diamanahkan sebagai koordinatornya.

Sejauh ini, gerakan ini sudah dapat dinikmati masyarakat luas dan pengaruhnya bisa dikatakan signifikan.

VIDEO: Kemenko PMK Gelar Pelatihan Revolusi Mental