4 Amalan yang Bisa Dilaksanakan di Bulan Ramadhan 

TVMU.TV - Tak terasa, bulan Ramadhan 1443 Hijriah tinggal menghitung hari. Umat muslim dapat melakukan amalan-amalan di bulan suci ini.

Menurut Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Asep Shalahudin, S.Ag, M.Pd.I, ada 4 amalan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Berikut 4 amalan yang bisa dilaksanakan di bulan yang berkah tersebut:

1. Perbanyak Shodaqoh

Asep menjelaskan, maksud perbanyak shodaqoh disini yaitu, secara materi atau non materi. Adapun sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, sebagimana sabda Rasulullah SAW riwayat Imam At-Tirmidzi: 

“Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi).

2. Melakukan Tadarus Al-Qur'an

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Anjuran untuk membaca Al Quran selama bulan Ramadhan juga termaktub dalam firman Allah sebagai berikut:

"Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al Quran. Tadarus Al Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan." (QS. Al Baqarah ayat 185).

3. Melakukan Qiyamul Lail

Shalat qiyamul lail artinya adalah salat malam. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, qiyamul lail merupakan ibadah yang afdhal untuk dilakukan setelah shalat wajib di malam hari. Hal itu pun tertuang dalam sebuah hadist shahih sebagai berikut ini,

"Salat yang paling afdhal setelah salat wajib adalah salat malam," (HR. Muslim).

4. Melakukan Itikaf Pada Sepuluh Hari Terakhir

Itikaf atau berdiam diri di masjid adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim saat bulan Ramadhan. Anjuran itikaf di bulan Ramadhan ini pun tertuang terdapat dalam hadis berikut:

"Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beritikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan," (HR. Bukhari).

Saksikan pembahasan lengkap Asep Shalahudin dalam Pengajian Tarjih Muhammadiyah yang membahas tentang "Beberapa Masalah Salat Iftitah & Tarawih serta Solusinya" dengan Klik Disini.

Jangan lewatkan berita pilihan dan breaking news tentang Muhammadiyah setiap hari di tvmu.tv agar kamu semua tidak ketinggalan.

Subscribe juga channel YouTube tvMu Channel dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung. Cerdas Mencerahkan.