Abdul Mu’ti Ungkap Manfaat Kalender Hijriyah Global Tunggal bagi Umat Islam

Abdul Mu’ti Ungkap Manfaat Kalender Hijriyah Global Tunggal bagi Umat Islam
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti dalam Pengajian Umum PP Muhammadiyah, Jumat (5/7) secara daring. Foto: Tangkap layar YouTube tvMu Channel.

TVMU.TV - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT) dikembangkan oleh Muhammadiyah sebagai respon terhadap isu strategis yang dirumuskan pada Muktamar ke-48 di Surakarta.

Dalam rumusan Muktamar ke-48 itu, ia menjelaskan KHGT untuk merespon tantangan dalam konteks keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal. Dengan demikian, KHGT tidak hanya untuk urusan-urusan ibadah khusus saja.

Mu'ti menambahkan, kompleksitas isu dalam KHGT juga beririsan dengan isu politik, baik itu di tingkat nasional maupun global. Selain kompleks, KHGT juga menjadi isu yang dinamis ditinjau dari manhaj dan konsekuensi dari penggunaannya.

“Sehingga muncul kritik ketika mendekati Bulan Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha selalu ada debat tahunan yang masalahnya selalu berulang. Apakah hilalnya sudah muncul atau belum?,” ujarnya dalam Pengajian Umum PP Muhammadiyah, Jumat (5/7) secara daring.

Diharapkan dari KHGT ini, kata Mu'ti, perdebatan tahunan tersebut tidak muncul lagi sehingga energi umat tidak terkuras hanya pada urusan itu saja, sebab masih ada urusan lain yang menunggu untuk segera diatasi.

Menurut Mu’ti, KHGT ini tidak hanya menjawab perdebatan tiga waktu penting umat Islam itu saja, tapi juga untuk memberikan kepastian waktu-waktu penting yang lain termasuk jadwal salat sehari-hari, perjanjian, dan seterusnya.

Saksikan Live Streaming Pengajian Umum PP Muhammadiyah 'Kalender Hijriyah Global Tunggal: Landasan dan Penerapan'